Batasi Penggunaan Motor, Kampus Sediakan 300 Sepeda

18

MALANG KOTA, Mediamahasiswa.com – Dalam rangka mewujudkan kampus yang bebas polusi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan memberlakukan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor yang masuk kampus. Untuk menyukseskan kebijakan ini, UMM akan memberikan fasilitas yang dalam jangka pendek berupa “sepeda” dan jangka panjangnya berupa “Kereta Kelinci” bagi warga kampus.

Muslimin, Kepala Biro Administrasi Umum (BAU) UMM mengatakan kebijakan dan pengadaan fasilitas jangka pendeknya akan terealisasi antara Oktober – November tahun ini. Beliau menambahkan bahwa saat ini pihak kampus sudah terikat kontrak dengan salahsatu perusahaan untuk menyediakan 300 unit sepeda pada tahap pertama ini.

Kebijakan ini menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan di UMM. Seperti misalnya Rahma, karyawan partime yang menganggap pengadaan sepeda tersebut buang-buang dana dan lebih baik membangun parkiran bertingkat. “Kalau misalnya tetap akan diadakan saya akan memilih jalan kaki, karena sepedanya juga digunakan banyak orang dan jika hilang jadi tanggung jawab kita,” tambahnya.

Beda lagi dengan Nurudin, ketua Jurusan Ilmu Komunikasi ini mengatakan setuju dalam pengadaan sepeda tersebut. Menurutnya, adanya sepeda ini bagus karena kampus bebas asap dan sehat. “Kampus tidak hanya mengandalkan pembiyaaan saja namun pertimbangan juga, jika masyarakat kampus sehat, uang segitu kan tidak seberapa dibanding kesehatan yang didapat,” ungkap Nurudin.

Tidak hanya dosen dan karyawan, pro dan kontra juga terjadi di kalangan mahasiswa UMM. Renda Safrini Rahmasari, mahasiswa ilmu komunikasi 2012 misalnya, ia mengatakan menggunakan sepeda dapat membuat have fun dan excited. Lain Arga, mahasiswa Sosiologi 2010 mengatakan pengadaan sepeda tidak perlu karena luas UMM tidak seperti universitas-universitas lain yang jarak fakultas satu dengan yang lain jauh-jauh. “Tapi tidak masalah untuk ikut bersepada jika memang sudah kebijakan dari kampus,” tuturnya. (rnu/lny/ara/nts)

You might also like

Comments