Talenta Jurnalis Muda dan Jagung Bakar

4

TAHUN yang baru sudah didepan mata. Hanya menghitung jam saja sejak tulisan ini ditulis dan diterbitkan. Saya akan flashback sedikit perkembangan Media Mahasiswa selama setahun perjalanannya.

Muhammad Zulfikar Akbar, Direktur Utama Media Mahasiswa

Banyak dari jurnalis-jurnalis kami tidak menyadari dirinya punya kemampuan menulis, bahkan menyamai kemampuan menulis saya. Ini saya temukan saat setahun lalu kami mencari jurnalis-jurnalis muda. Awalnya, mereka tidak percaya diri saat belum belajar menulis. Setelah saya didik dengan singkat dan kontinyu, mereka baru menyadari bahwa dirinya bisa menulis, bahkan pertama kali menulis langsung baik. Tidak heran, kualitas jurnalis-jurnalis kami semakin baik. Mereka bahkan langsung siap jika ditugaskan meliput yang cukup berat. Tentu saja hasilnya sesuai dengan ekspektasi saya.

Kualitas yang baik tentu saja berbanding lurus dengan naiknya traffic website kami. Secara konsisten, kami mampu mencapai 70-100 pengunjung perharinya. Tulisan yang informatif, bermanfaat dan menghibur tentu menjadi ciri kami. Tentu saja selalu dengan motto kami, independen, kritis, kreatif, dan menambah wawasan.

Jurnalis-jurnalis muda yang baru 2 bulan saya rekrut juga tidak kalah hebatnya. Bahkan, mereka bisa lebih kritis dan kreatif dari kakak-kakaknya. Ada yang sudah merasakan wawancara eksklusif, sampai kejar-kejaran dengan wartawan lain. Hasilnya, sudah tentu memuaskan saya.

Mereka-mereka ini ibarat jagung bakar. Ketika jagung dibakar sampai tingkat kematangan yang pas, apalagi dengan bumbu-bumbu berkualitas pasti akan menghasilkan rasa yang nikmat. Begitu pula dengan mereka, ketika “dibakar” dengan tugas lapangan dan “dibumbui” dengan pelatihan maka hasilnya pasti luar biasa.

Saya berharap, di 2014 “jagung-jagung bakar” ini tetap nikmat dinikmati hasil-hasil karyanya. Saatnya menutup gadget saya dan mempersiapkan “jagung-jagung” berkualitas lainnya untuk “dibakar”. Selamat tahun baru! (***)

Posted from MediaMahasiswa for Android

You might also like

Comments