Membangun Diri Melalui Kekuatan Pikiran

17

Judul               : Dahsyatnya Kekuatan Pikiran

Pengarang      : Hati Sri Prameswari

Penerbit          : CR Publishing

Halaman         : 118 halaman

ISBN              : 978-602-14848-21

 

Memulai suatu kehidupan memang memerlukan sebuah kesabaran. Tanpa kesabaran, semua perjalanan hidup akan semakin sulit untuk dilalui. Namun, dari semua yang harus dilalui tersebut, manusia harus percaya kepada dorongan yang ada pada diri mereka masing – masing. Sebagai manusia yang harus berjuang, Hati Sri Prameswari menyempatkan dirinya berbagi kisah perjalanan hidupnya untuk memberikan sebuah guidance bagi semua orang. Dari buku yang dia tulis tersebut, penggalan – penggalan perjalanan hidupnya menjadi cerita yang menarik dimana setiap jalan cerita yang ada selalu disisipi dengan wejangan yang lebih mirip sebagai bentuk perhatian dalam mengutamakan hati nurani.

Dari sekian cerita yang dia utarakan, ada cerita yang mungkin membuka hati nurani kita untuk kembali untuk mengingat kejadian penting yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Kisah yang memilukan dimana tsunami kecil merenggut beberapa nyawa di situgintung. Kita tidak ingin membuka luka lama para keluarga korban yang ditinggalkan, tetapi kita ingin menghadirkan cerita ini sebagai bentuk penyadaran diri kita bahwa bencana memang mungkin bisa saja terjadi dan hadir ditengah – tengah kita tanpa kita sadari. Bencana ini juga bisa menjadi bahan renungan bagi kita saat ini, dimana bencana alam silih berganti menimpa bangsa Indonesia. Dalam cerita ini, Hati Sri Prameswari sedikit memperlihatkan kegalauan hatinya dimana bencana alam selalu menjadi proyek yang menarik untuk mendapatkan simpati dari para korban, terutama dari kalangan partai politik (hal.88). Kegalauan tersebut bisa saja berlanjut apabila keadaan ini masih saja dimanfaatkan oleh orang–orang tertentu untuk mendapatkan keuntungan bagi mereka atau golongan mereka sendiri. Dan itu semakin nyata dimana bencana alam yang terjadi akhir – akhir ini juga masih menyisakan kepekatan hati nurani orang – orang tertentu, walaupun ini tidak dapat diberlakukan secara keseluruhan.

Petualang aktivitas sosial Hati Sri Prameswari pun dilanjutkan dengan mencoba menghindari hiruk pikuk perkotaan yang penuh dengan kesesakan. Dari petualangan ini, Hati Sri Prameswari menceritakan kisah seorang bocah yang mengalami lumpuh total. Cerita ini tidak menceritakan penyebab mengapa anak tersebut mengalami kelumpuhan, namun cerita yang ditampilkan ingin menggugah hati nurani setiap orang yang membacanya bahwasanya kehidupan manusia di dunia ini masih dikelilingi dengan ketidakberdayaan. Manusia yang sempurna secara fisik pun masih juga diliputi dengan ketidakberdayaan, terutama kekurang pedulian kita terhadap penyandang difabel. Oleh karenanya, Prameswari ingin membukakan pintu hati kita kembali bahwa hidup ini sebenarnya bisa diisikan dengan kebahagiaan, namun kadang kala manusia selalu mencari – cari kebahagiaan yang selalu dapat diukur. Beda dengan bocah tersebut, tawanya yang dia gunakan untuk menyapa Prameswari memperlihatkan bahwa dia tidak mempunyai pikiran yang terlalu berlebihan, terlebih saat perpisahan yang terjadi antara Prameswari dengan bocah tersebut (hal.77). Bocah tersebut hanya mengangguk perlahan yang terkesan tanpa beban berat yang harus dipikulnya, walaupun belum tentu kita mampu menjalani hidup seperti bocah tersebut yang dirasakan sangat berat adanya.

Kebahagiaan

Berbicara tentang kebahagiaan, bahagia yang ditawarkan bocah tersebut diatas memang mungkin bukan kebahagiaan yang diidamkan oleh sebagian besar manusia. Sebagian besar manusia mencari kebahagiaan yang bersifat semu dimana materi merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kebahagiaan. Bercermin dari kehidupan yang semakin penuh dengan kepalsuan, Hati Sri Prameswari mengajak kita semua untuk mencari kebahagiaan tersebut, tetapi dengan cara dan bentuk yang berbeda. Secara spiritual mungkin kebahagiaan yang ditawarkan Hati Sri Prameswari tidak jauh berbeda. Dari sisi cerita yang ditampilkan pun tampak bahwa kebahagian versi Hati Sri Prameswari menampilkan kelembutan dalam menyikapi sesuatu yang buruk menimpa kita dengan kesabaran dan shalat. Bagi manusia yang dahaga dengan kebahagiaan hidup, kehidupan spiritual merupakan manifestasi yang tampak jelas dan mudah untuk diwacanakan. Hal yang tersulit dari ini tentunya adalah implementasi untuk mewujudkan kebahagian tersebut. Namun demikian, Hati Sri Prameswari memiliki trik untuk dapat mewujudkan kebahagian yang diidamkan setiap hati nurani manusia, yaitu dengan diam dalam dzikir. Di dalam shalat pun, Hati Sri Prameswari mengingatkan kita untuk juga mengingat rumah kebahagiaan tersebut melalui dzikir. Apabila kita bisa melaluinya, kebahagiaan mungkin bisa kita download (hal.93¾99).

Kekuatan Pikiran yang Tak Muncul

Secara keseluruhan, cerita Hati Sri Prameswari lebih menekankan pada sisi emosional dibandingkan logika yang dipakai. Penggunaan kekuatan pikiran tidak tampak jelas terlihat pada alur cerita yang dia bagi kedalam beberapa bab. Apabila dinilai dari substansi yang ada di dalam cerita yang ditampilkan dalam buku ini, sebaiknya judul buku tersebut harus direvisi untuk menghindari bias yang bisa terjadi kepada setiap pemikiran pembaca yang berbeda – beda. Disamping itu, pengalaman hidup Hati Sri Prameswati lebih dominan diceritakan dibandingkan dengan konotasi judul buku yang ditampilkan, sehingga kekuatan pikiran tidak tampak pada model cerita yang dibahas oleh Hati Sri Prameswari.

Namun demikian, kekuatan pengalaman bisa memantangkan jiwa seseorang. Kekuatan mental dan emosi yang dimiliki oleh Hati Sri Prameswari telah memberikan sebuah dorongan bagi para pembaca untuk lebih menyikapi hidup ini dengan kesabaran. Demikian pula, perjalanan hidup sesorang yang dituntun oleh hati nurani yang tepat akan memunculkan karakter manusia yang memiliki kemampuan untuk menerima dan menjalani hidup ini dengan berusaha dan berdoa.

*Peresensi: Rostamaji Korniawan, pemerhati masalah ekonomi, sosial, dan budaya. Postgraduate dari Pukyong National University.  

 

 

You might also like

Comments