Yudi Datau : “Meskipun Pemerintah Tidak Ada, Pembuat Film Tetap Ada”

23

MALANG KOTA, Mediamahasiswa.com – Yudi Datau memberikan semangat kepada panitia Malang Film Festival (MAFI Fest) 2015 dan seluruh film maker pada konferensi pers, dua jam sebelum pembukaan MAFI Fest 2015 (02/04) yaitu pukul 11.00. Director of Photography film “5 CM” ini menyatakan bahwa walaupun peran pemerintah sangat kurang bahkan tidak ada dalam dunia perfilman Indonesia, para pembuat film akan terus ada. Baginya, pembuat film akan memiliki keyakinan serta semangat tersendiri walaupun produksi filmnya dibantu atau tidak oleh beberapa pihak seperti pemerintah.

Pernyataan dari Yudi Datau menggambarkan bagaimana semangat serta kepercayaan diri dari seluruh panitia MAFI Fest 2015 saat ini. “MAFI Fest 2015 ada dengan biaya sendiri dari iuran seluruh panitia yang tentunya didukung oleh UMM dan para sponsor tentunya. Pemerintah tidak membantu sama sekali. Tapi, saya dan teman-teman telah berkomitmen untuk terus melaksanakan MAFI Fest setiap tahun,” ujar Maharina, Direktur MAFI Fest 2015.

Konferensi pers diisi oleh Maharina Novi, Direktur MAFI Fest 2015, Yudi Datau, Juri kategori Fiksi Pendek dan Tedika Puri Amanda, Juri kategori Dokumenter Pendek. Saat konferensi pers Tedika Puri berpendapat bahwa besar dan majunya perfilman di Indonesia tidak lepas dari kehadiran para film maker daerah dan terselenggaranya festival-festival film. “Walaupun pemerintah tidak mengapresiasi. Ya kita para film maker muda ataupun yang sudah professional akan bersatu untuk mengapresiasi,” tutur Head Development Program dan Bisnis di Yayasan Eagle Institute tersebut.

Setiap tahunnya MAFI Fest mengalami kemajuan, salah satunya dengan meningkatnya jumlah film yang masuk serta bertambah ketatnya proses penjurian. Hal tersebut ditunjukkan dengan pernah tidak adanya film yang menjadi juara. “Tahun ini mungkin bisa jadi seperti itu lagi,” ujar Maharina. (, fwar)

You might also like

Comments