Sebuah Misteri dan Keagungan Tuhan

16

Ada banyak kejadian menakjubkan yang kita jumpai dalam kehidupan ini, kejadian-kejadian aneh yang membuat pikiran kita penuh dengan tanda tanya besar atau bahkan akalpun terkadang menolaknya sering kita lihat, baik di dunia maya ataupun dunia nyata di sekeliling kita.

Terkadang kita hanya merasa heran dan takjub melihat peristiwa-peristiwa aneh tersebut, sehingga saking dari takjubnya terkadang kita lupa bahwa di balik semua itu ada Dzat yang mencipta, yaitu Allah Swt.

Orang-orang yang tidak percaya akan adanya sang Pencipta menganggap bahwa kejadian-kejadian aneh tersebut merupakan sebuah kebetulan. Padahal, secara logika, suatu benda—mati ataupun hidup—tidak akan bergerak kalau tidak ada yang menggerakkan, karena hakikat benda tidak mempunyai kekuatan dan kekuasaan untuk berbuat apa-apa . Akan tetapi orang-orang non-Muslim—yang tak berpengetahuan—tetap tidak percaya akan adanya sang Pencipta.

Kejadian-kejadian menakjubkan tersebut diciptakan oleh Allah sebagai tanda kekuasaan-Nya, Allah berfirman, “Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur.” (QS Al-Furqan [25]: 62).

Bagi orang Muslim selayaknya bisa mengkaji dan menyingkap rahasia di balik peristiwa-peristiwa aneh yang seolah-olah unlogic (tidak masuk akal). Hal demikian bukan hanya sebagai obat yang bisa ‘menyembuhkan’ rasa penasaran, akan tetapi jauh dari hal tersebut adalah untuk mengambil pelajaran dan hikmah yang terkandung di balik semua itu.

Beberapa peristiwa aneh tentang fenomena alam berhasil dikumpulkan oleh tiga orang penulis; Adrie Mesapati, Luki Andriansyah, Gemma A., yang kemudian disatukan menjadi sebuah buku yang berjudul “50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran”.

Peristiwa dan kejadian langka yang terjadi di seantero dunia yang—mungkin—hanya terjadi di satu tempat dibahas secara detail, dari mulai faktor penyebabnya hingga bagaimana ilmu sains dan Al-Quran memandangnya.

Dari 50 kejadian aneh tersebut, fenomena tentang batu yang paling banyak dibahas. Di Nova Scotia, Canada, terdapat sebuah batu dengan ketinggian 30 m berdiri tanpa satupun penyangga selama ratusan tahun, (hal. 23). Ada juga beberapa batu yang bergerak dengan sendirinya tanpa ada alat apapun yang mendorongnya, batu itu terletak di wilayah Death Valley National Park, California, dan Nevana, Amerika Serikat. Fenomena misterius batu bergerak atau yang lebih dikenal dengan roving rock telah diketahui ratusan tahun lalu, namun penelitian yang serius baru dilakukan pada tahun 1948, akan tetapi belum bisa dijelsakan secara tuntas, (hal. 35). Selain itu ada fenomena batu melayang atau batu gantung di Palestina, akan tetapi masih belum diketahui benar tidaknya, (hal. 215).

Selain itu masih banyak fenomena atau peristiwa aneh yang terdapat dalam buku ini. Dan setiap selesai membahas dari satu fenomena, penulis menyertakan ‘Sebuah Renungan’ yang memuat pandangan Al-Quran tentang fenomena yang sedang dibahas. Pandangan-pandangan itu disertai dengan kutipan ayat-ayat Al-Quran, sehingga menjadikan buku ini semakin komplit, menambah wawasan pembaca, menjadikan motivasi dan kekuatan tersendiri bagi pembaca untuk senantiasa mensyukuri kebesaran Allah, dan meningkatkan keimanan pembaca, sebagaimana komentar J. Haryadi, Ketua Aliansi Penulis Indonesia (API) Jawa Barat, (hal. 9).

Bisa juga dikatakan, bahwa buku ini sebagai media dakwah kepada umat manusia agar tetap dan semakin mendekatkan diri kepada sang Maha Kuasa lewat tanda-tanda Kekuasaan-Nya. 50 misteri ini hanya bagian kecil dari beribu-ribu tanda ke-Maha Besaran-Nya.

Sesuai dengan judulnya, di dalamnya terdapat 50 peristiwa yang ‘menggemparkan’ dunia. 50 peristiwa tersebut, oleh penulis, dipetakan menjadi tiga bab; Fenomena Misterius Alam; Situs, Artefak dan Fosil Misterius; dan Kejadian Spektakuler dalam Kitab Suci dan Bukti Ilmiah Kebenaran Al-Quran. Semuanya itu menggunakan pendekatan dari pandangan Al-Quran dalam berbagai aspek serta tidak mengabaikan tinjauan ilmu sains.

Hadirnya buku ini menjadi jawaban yang sangat tepat bagi orang-orang yang menganggap bahwa agama dan sains merupakan dua dimensi yang tak pernah dan tak akan bisa menyatu. Dengan terbitnya buku setebal 379 ini, sains dan agama yang dulunya dipandang berlawanan, kini, keduanya dipandang saling mendukung dan bersinergi dalam mengungkap paradigma baru yang mengintegrasikan sains dan agama dalam memersepsi fenomena alam, hal ini diungkap oleh Peneliti Sains Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Erma Yulihastin, S.Si., (hal. 10).

Keunggulan lain adalah buku ini dilengkapi dengan lagu renungan Naraya dan film spektakuler yang bisa diunduh di www.xmysteries. Penulis berharap, dengan adanya lagu tersebut menjadi bahan renungan untuk bertadabbur secara audio-visual. Selamat membaca.

Data Buku :

Judul : 50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran

Penulis : Adrie Mesapati, Luki Andriansyah, Gemma A.

Penerbit : Mizan Pustaka

Cetakan :  I, 2014

ISBN : 978-602-1337-10-3

Tebal : 379 halaman

Penulis : Saiful Fawait, Siswa Kelas Akhir MA Tahfidh Annuqayah, Sekaligus Pem-Red Majalah Infitah MA Tahfidh Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep.

You might also like

Comments