Aktivis Lingkungan Apresiasi Langkah Pemerintah Atasi Kebakaran Hutan

5

Kalangan aktivis lingkungan hidup menyambut baik inisiatif baru pemerintah Indonesia untuk mencegah kebakaran hutan.

Inisiatif baru itu antara lain dihentikannya pemberian izin pengelolaan lahan gambut baru, peninjauan izin-izin lama serta penyeragaman peta hutan Indonesia. Ketiga upaya itu diumumkan Presiden Joko Widodo di Jakarta,Jumat (23/10) seperti dikutip dari VOAindonesia.com.

Pemerhati lingkungan hidup Wimar Witoelar hari Jumat di Washington DC mengatakan kepada VOA langkah pemerintahan Jokowi tersebut paling kongkrit dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

“Itu menunjukkan bahwa harapan untuk mencapai kemajuan dalam bidang perubahan iklim merupakan sesuatu yang nyata, apalagi diucapkan beberapa hari sebelum bertemu Presiden Obama di Washington.”

Isu perubahan iklim diperkirakan akan menjadi salah satu sorotan dalam pertemuan Jokowi dengan Presiden AS Barack Obama hari Senin (26/10) di Gedung Putih.

Wimar menambahkan, “Secara resmi (isu perubahan iklim) tentu akan muncul (dalam pembicaraan di Gedung Putih, red.), juga karena Presiden Jokowi akan ke (KTT) di Paris bulan Desember, tapi seberapa jauh tekanannya, saya tidak tahu. Saya tidak tahu siapa climate adviser yang di bawa kesini. Saya kira suatu statement dia yang umum saja yang menyatakan komitmennya pada perubahan iklim, harus kita sambut gembira.” (voa)

 

Sumber : VOA Indonesia

You might also like

Comments