Bea Cukai Tunjukkan Produk Tak Berizin di CFD

10

MALANG KOTA, Mediamahasiswa.com – Ada yang berbeda di Ijen Car Free Day (CFD) Minggu (22/11) hari ini. Instansi Bea cukai Malang mengadakan sosialisasi kepada masyarakat  terkait tugas Bea Cukai yang melakukan pengawasan prodak Barang Kena Cukai )BKC) yang terdiri dari etil alkhohol atau etanol, minuman keras, dan tembakau.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat khususnya pelaku bisnis bisa mengerti tugas dari bea cukai dan ikut andil  membantu pihak bea cukai dalam mengawasi peredaran rokok, barang ilegal, dan obat-obatan yang tidak ada izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Baru Bea Cukai Malang saja yang mengadakan acara sosialisasi dengan santai seperti ini, kita berharap menjadi pelopor pertama agar instansi pemerintah yang lainnya juga bisa terbuka dengan masyarakat,” ujar Made Ariana, seksi penyuluhan nilai informasi Bea Cukai Kota Malang.

Acara sosialisasi tersebut dikemas sangat santai dan menarik diiringi music akustik dari band yang merupakan karyawan Bea Cukai. Dimulai pukul 6 hingga 9 pagi, antusias dari masyarakat cukup besar terbukti dari banyaknya masyarakat yang memberikan tanda tangan dan berfoto di photo booth yang telah disediakan. Pihak Bea Cukai Malang juga memberikan edukasi kepada masyarakat dengan memperlihatkan pada masyarakat hasil penindakan bea cukai berupa produk yang tidak memiliki izin dari BPOM maupun perusahaan yang belum melunasi bea cukai. Tak hanya itu, Bea Cukai juga memberikan minuman gratis kepada masyarakat yang hadir di  CFD.

“Ke depannya kita anggarkan untuk mengadakan rutin acara seperti ini setiap bulannya, melihat banyaknya antusias yang kita dapat dari masyarakat saat ini, dan kita punyak planning untuk mengadakan even yang lebih besar dan lebih menarik dari sekarang untuk satu tahun sekali,” ungkap Made Ariana.

Melalui even ini, Made juga berharap masyarakat lebih mengerti tentang kinerja Bea Cukai, tujuan pengenaan cukai pada produk, dan pentingnya cukai sehingga para pelaku bisnis dapat berkerja sama dengan baik agar tercipta simbiosis mutualisme antara pelaku bisnis, bea cukai, dan masyarakat.  (*/zhm/ic)

 

You might also like

Comments