Dirimu Bukti Cintaku, Anakku

16

identitas buku :

 

Judul Buku: Ayah

Penulis: Andrea Hinata

Penerbit: Bentang Pustaka

Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Mei 2015

Tebal: xx + 412 halaman

ISBN: 978 602 291 102 9

Cinta seorang ayah terkadang terlupakan. Ayah adalah sosok yang disegani dan mempunyai cara tersendiri mengungkapkan cintanya. Novel yang berjudul “Ayah” karangan Andrea Hirata ini merupakan sebuah kisah tentang seorang ayah yang sangat mencintai anak dari perempuan yang sangat dia cintai.

Sabari yang merupakan tokoh utama dalam novel ini jatuh cinta dengan perempuan yang bernama Marlena. Rasa cinta ini sudah muncul dan diperjuangkan sejak SMA. Namun apa pun yang dilakukan Sabari, Marlena tidak pernah sedikit pun tertarik, melihatnya saja dia tidak mau.

Namun saat Marlena melakukan hal yang memalukan bagi keluarganya, Sabarilah yang datang menolong mereka. Selain sebagai pegawai ayah Marlena pada saat itu, Sabari rela menikah dengan Marlena walau pun Marlena sudah dihamili orang lain. Namun walaupun mereka menikah Marlena tetap tinggal dengan keluarganya, dia tidak mau serumah dengan Sabari. Sampai akhirnya  anak Marlena lahir diberikan nama Zorro.

Sabari sangat menyayangi Zorro. Dia membesarkan Zorro dengan penuh kasih saying. Walaupun Marlena, istrinya sangat jarang di rumahnya, entah dimana menginap bahkan pergi dengan laki- laki lain, Sabari tidak mempedulikannya. Baginya, Zorro adalah yang lebih penting. Dia mencintai anak tersebut seperti anaknya sendiri.

Sampai suatu saat Marlena menggugat cerai dan membawa Zorro pergi dengan suaminya yang baru.  Sabari sangat tertekan. Hidupnya mulai tidak terarah. Usaha kedai kecil- kecilan yang sudah dibukanya sendiri sejak  Zorro bersamanya mengalami kebangkrutan. Dia sering termenung dan menyendiri.

Purnama kedua belas adalah julukan yang diberikan Sabari kepada Marlena. Dia sangat mencintai perempuan tersebut walaupun dia tahu perempuan tersebut selalu menyakitinya, Dia yakin suatu saat Marlena juga akan menyukainya. Rasa cintanya yang sekarang bertambah dengan kelahiran Zorro, anak yang menjadi curahan perasaanya. Namun apa yang bisa dia lakukan saat Zorro dan Marlena meningggalkan kehidupannya.

Kehidupan Sabari sepertinya sudah kelam. Dia sangat merindukan kehadiran Zorro anak yang sudah memberikannya kekuatan dan semangat beberapa tahun belakangan ini. Namun sekarang dia hanya sendirian di rumah yang kecil ini.

Bagaimana dengan kehidupan Zorro dan ibunya Marlena? Setelah bercerai dengan Sabari, Marlena sudah beberapa kali menikah. Ini membuat ayah Marlena sangat marah kepadanya dan mengusirnya sehingga Marlena dan Zorro hidup bepertualang di pulau Sumatera. Pahit manis kehidupan ini telah mereka alami berdua. Semua diceritakan penulis dengan bahasa yang ringan.

Melihat kesengsaraan Sabari, akhirnya dua sahabat Sabai dari kecil memutuskan untuk mencari Marlena dan Zorro. Mereka ingin menolong sahabat mereka yang sudah kehilangan arah. Perjalanan panjang mereka lalui demi mencari dua orang tersebut. Berbekal dari informasi yang di dapat dari sahabat Marlena, mereka berusaha menemukan jejak Marlena dan Zorro.

Perjalanan mereka tidaklah sia- sia. Akhirnya mereka menemukan Marlena dan Zorro. Namun hanya Zorro yang akan ikut mereka pulang. Mendengar hal tersebut Sabari sangatlah senang walapun dia hanya akan bersama anaknya tidak dengan Marlena. Kehidupannya kembali normal. Dia mulai semangat menjalani hidup ini.

Marlena mengizinkan Zorro dibesarkan oleh Sabari. Sabari sangat menyukurinya. Dia membesarkan dan merawat anak tersebut dengan penuh kasih sayang. Dia menyalurkan rasa rasa sayangnya kepada Marlena kepada anak tersebut. Walaupun sampai sekarang rasa cintanya pada Marlena belum pernah dibalas, dia tidak pernah marah maupun sakit hati kepada Marlena. Baginya Marlena satu- satunya perempuan yang sangat dia cintai.

 Hanya dengan Marlena, Sabari pernah menikah. Itulah pernikahan pertama dan terakhirnya. Dalam pernikahan tersebuthanya empat kali dia pernah berjumpa dengan Lena, tetapi dia tetap mencintai Lena, hanya Lena, hingga akhir hayatnya. Pertengahan 2013,  Sabari meninggal dunia ( hlm 349).   

Biodata Peresensi

Nama                            : Emalia Nora

You might also like

Comments