Home Visit Berlanjut ke Pengobatan Gratis untuk Warga

20

MALANG KABUPATEN, Mediamahasiswa.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 32 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Pengobatan Gratis bertema “Tansah Ajeg Jiwo Lan Rogo” di Kediaman Kepala Dusun Karanglo, Desa Kemiri, Jabung, Minggu (31/7). Kurang lebih 115 pasien datang ke lokasi kegiatan. Pengobatan gratis ini bekerja sama dengan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Nurul Qolbi dari FK UMM.

“Hal ini merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat desa dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga di Desa Kemiri terutama para lansia yang tidak memiliki jaminan kesehatan dan berasal dari ekonomi menengah ke bawah”, terang Syol, Koordinator Desa (Kordes) KKN 32 UMM.

Kegiatan yang menjadi program kerja divisi kesehatan menyediakan 5 posko; 1 posko penukaran kupon kesehatan, 2 posko anamnesis, 1 posko pemeriksaan oleh dokter, dan 1 posko penukaran resep obat. Sebelum mengadakan pengobatan gratis, anggota divisi kesehatan telah melakukan home visit selama satu minggu dengan berkunjung ke rumah warga untuk survey dan memberikan kupon pengobatan untuk ditukarkan pada kegiatan pengobatan gratis ini. Melalui kegiatan ini, Masyarakat desa diberikan fasilitas pelayanan kesehatan di antaranya pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan oleh dokter, dan memberikan obat-obatan secara gratis.

Masyarakat desa Kemiri sangat antusias dan berharap kegiatan seperti ini akan sering dilakukan dalam rangka membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah.

“Saya berterimakasih kepada mahasiswa KKN UMM 32 yang telah memberikan layanan pengobatan gratis di desa kami, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali,” ujar Riadi, Kepala Dusun Karanglo. (Humas KKN 32/fwar/ic)

You might also like

Comments