Seminar dan Workshop Legal Drafting oleh Senat UMM

24

KOTA MALANG, Mediamahasiswa.com – Senat Universitas Muhammadiyah Malang (SEMU) mengadakan seminar dan workshop Legal Drafting dengan tema ‘Memahami Arti Penting Fungsi Legislasi Demi Terwujudnya Identitas Produk Hukum yang Sesungguhnya’ di Ruang Sidang Senat Kampus III UMM, Kamis (29/12). Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III (Warek III) UMM, Dr. Sidiq Sunaryo.

Warek III dalam sambutannya mengatakan bahwa membuat hukum itu sulit, pembuat hukum harus ada latarbelakang hukum dan menggunakan bahasa  yang matematis. “Bahasa hukum itu harus matematis, harus pasti dan tidak menimbulkan tafsir lain”, tuturnya.

Dalam seminar ini, Dr. Fakhurohman, SH. selaku pemateri mengatakan bahwa konteks negara hukum ada pada pasal 1 ayat 3 UUD NRI 1945 yang berbunyi Negara Indonesia adalah negara hukum. “Inilah yang kemudian seluruh aktivitas yang terkait jalannya roda pemerintahan itu harus didasarkan kepada hukum”, ujarnya. Fakhurohman menambhakan bahwa semua yang terkait dengan pengaturan negara itu harus didasarkan melalui produk-produk hukum yang akan diberlakukan di wilayah yang namanya Indonesia.

Pemateri kedua, Catur Wido Haruni, SH., M.Si., M.Hum, mengatakan dalam pembentukan peraturan perundang-undangan tidak boleh ada egosektoral. “Dan yang harus diingat yaitu membuat sebuah peraturan tidak sekedar by target. Jangan membuat peraturan itu hanya sekedar jadi” ujarnya.

Catur Wido Haruni menjelaskan dalam membuat sebuah peraturan harus punya tanggung jawab moral supaya peraturan yang dibuat itu hasilnya bagus dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat. Dalam membuat suatu peraturan harus merespon apa yang dibutuhkan masyarakat. Masyarakat harus dilibatkan dalam pembuatan peraturan karena peraturan diperuntukkan bagi masyarakat.

Seminar ditutup dengan materi konsep legislasi dan lembaga legislasi Indonesia dan dinamika dalam pembuatan peraturan perundang-undangan oleh pemateri ketiga yaitu anggota DPRD Malang, Ya’qud Ananda Ghudban, SS., SST., Par.MM.

Edo Hadi Prakoso selaku Ketua Pelaksana, mengatakan bahwa acara ini sebagai bentuk tanggung jawab dari SEMU sebagai lembaga dari mahasiswa untuk terus memberikan kegiatan-kegiatan yang bernilai pendidikan. “Dan semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memicu juga nalar kritst mahasiswa”, ungkapnya. (qk/ta)

You might also like

Comments