Kilas Balik Zaman Perjuangan, Komunitas Sepeda Tua Ngonthel di Jombang

147

JOMBANG KABUPATEN, Mediamahasiswa.com – Menyambut bulan Agustus, berbagai kegiatan untuk mengenang nuansa zaman perjuangan kerap digelar. Salah satunya yang dilakuan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu 92 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) desa Jombok, kecamatan Ngoro, kabupaten Jombang pada rangkaian acara bertajuk “Ndek Djaman Pedjoeang”, Sabtu hingga Minggu, 29-30 Juli 2017.

Minggu pagi (30/7), kegiatan bertema ‘Jadul’ yang digagas kelompok KKN ini menggandeng komunitas pencinta sepeda tua yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) untuk mengayuh sepeda angin alias  ngonthel. Kegiatan dibuka oleh wakil Bupati Jombang, Munjidah Wahab. Rute yang ditempuh oleh onthelis dan onthelista –julukan bagi pengonthel­- mencapai 18 kilometer. Rute yang dilewati pun berbeda dengan kegiatan ngonthel pada umumnya, lantaran melewati berbagai medan yang memiliki tantangan tersendiri.

Untuk mempererat persaudaraan, sesampainya di titik finish, peserta disuguhi menu sarapan untuk santap bersama. Kegiatan juga diramaikan dengan pembagian doorprize berupa televisi, DVD, setrika, dispenser, sepeda vederal, dan dua unit sepeda Hordoks atau sepeda tua.

Malam sebelumnya, peserta yang datang dari berbagai kota disuguhi hiburan campursari hingga tengah malam. Ketua pelaksana kegiatan, Reda Harditemata menyatakan  kegiatan ini diselenggarakan guna menjalin silahturahim dengan seluruh onthelis dan onthelista di Jawa Timur. Event ini juga sebagai peringatan hari ulang tahun Hordoks Masyarakat Jombok (HMJ) ke-5. Sementara itu, kepala desa Jombok, Adi Nugroho mengapresiasi kreativitas mahasiswa dengan memercayakan kegiatan ini.

“Sebagai pelindung dan pembina Komunitas Hordoks masyarakat Jombang, saya mempercayakan event ini kepada adik-adik KKN 92 UMM, karena saya rasa adik-adik KKN memilki kreativitas yang tinggi sehingga mampu memberikan suatu hiburan yang berkesan bagi masyarakat sekitar”, ujarnya.

Event ini diikuti 2500 peserta dari komunitas pencinta sepeda tua yang tergabung dalam KOSTI Indonesia. Peserta event berasal dari berbagai, di antaranya Kediri, Blitar, Mojokerto, Sidoarjo, dan Malang.  Reda berharap, nantinya event ini akan menjadi event tahunan dan menjadi ciri khas dari desa Jombok.  (humasKKN92*/ic)

You might also like

Comments