Pentingnya Berwirausaha, KKN 89 UMM Hadirkan Program Penyuluhan Kewirausahaan yang Mandiri dan Kreatif

105

KABUPATEN MOJOKERTO, Mediamahasiswa.com – Penyuluhan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kuliah Kerja Nyata (KKN) 89 Universitas Muhammadiyah Malang. Minggu, (06/08) Bertempatan di Desa Curahmojo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto.

Acara penyuluhan kewirausahaan ini dibuka oleh Sutrisno selaku Kepala Desa,  yang mengharapkan semoga Desa Curahmojo lebih bermotivasi untuk berwirausaha dengan berlatar belakang pekerjaan sebagai petani dan karywan pabrik.

Bertemakan pentingnya berwirausaha untuk membangun masyarakat mandiri kreatif dan sejahtera, bahwasannya agar terbuka pikiran dari warga untuk berwirausaha. Berwirausaha lebih menghasilkan daripada hanya sekedar menjadi buruh pabrik atau menjadi petani yang hasilnya hanya di jual langsung, sedangkan bisa di olah kembali, dapat diberikan packaging yang bagus, dijual dengan laba yang lebih tinggi daripada dijual mentah.

Acara yang berlangsung sejak pukul 10.30 WIB ini di hadiri sekitar lebih dari 50 peserta. Dengan dua pemateri Paskah Mayka Putra dan Rian Priyo Hardi.

“Penyuluhan kewirausahaan itu perlu, karena tidak semua masyarakat desa itu paham cara berwirausaha dengan benar. Tidak harus memiliki modal yang besar untuk menjadi wirausahawan, tetapi juga perlu niat dan tekat dan kemauan yang tinggi”, ungkap Lisa Wulandari, Selaku Koordinator Divisi Ekonomi Kelompok KKN 89.

Warga yang rata-rata hanya berfikir, hal terpenting adalah mempunyai pekerjaan dan menghasilkan uang. Dari mindset tersebut diubah dalam materi yang berlangsung dari penyuluhan kewirausaan. “Hidup adalah pilihan, tetapi harus ada peningkatan” ungkap Paskah Mayka Putra. Menggiring aksi yang lebih relalistik. Agar mendapatkan keuntungan yang lebih. Dengan cara pemasaran yang berbeda dan unik.

Kurangnya fikiran untuk berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan. Warga desa curahmojo diajak untuk bagaimana menjadi raja di daerahnya sendiri. Raja yang dimaksud adalah orang yang menghasilkan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Tidak hanya menjadi buruh melainkan juga mengajak masyarakat itu untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Membangun usahnya sendiri dan meningkatkan taraf hidup.

“Semua masyarakat desa Curahmojo bisa membangun usaha, dan berkembang pemikirannya dalam bidang kewirausahaan” harap lisa. (cr/ta)

You might also like

Comments