Sambut HUT RI, KKN 79 Adakan Lomba Menanam Kangkung Organik

121

MALANG KABUPATEN, Mediamahasiswa.com – Selasa (08/08/17) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 79 yang berada di Desa Jenggolo  Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang menginisiasi melakukan penanaman kangkung bersama warga Desa Jenggolo selama 3 hari.

Penanaman kangkung diikuti oleh warga Desa Jenggolo dibagi menjadi 6 kelompok dengan melakukan praktek penanaman secara langsung. Pelaksanaan  dilangsungkan dengan  praktek penanaman bersama dari awal penanaman benih sampai berhasilnya benih tersebut tumbuh selain itu program ini dijadikan sebagai perlombaan dalam rangka menyambut HUT RI  72 antar warga agar bersemangat ketika merawat tanaman kangkung yang telah ditanam.

Pemberian bahan-bahan seperti benih kangkung, pupuk organik dan poly bag, telah di sediakan oleh peserta. Kelompok KKN menawarkan penanaman yang terbaru yaitu teknik menggunakan cairan atonik agar meningkatkan kualitas tanaman sehingga  tidak mudah terserang oleh hama dan daya tahan tanaman menjadi kuat. Selain itu juga disarankan menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan. Pelaksanaan Penanaman ini menjadi program kerja unggulan bersama divisi.

Tanaman kangkung memang dikenal sebagai bahan makanan sayuran  akan tetapi kangkung juga memiliki manfaat  dalam kesehatan. Menurut Alifa Faradilla sebagai tim kesehatan KKN menuturkan bahwa beberapa tumbuhan itu memiliki banyak khasiat. Salah satunya kangkung yang memiliki kadar antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan sel-sel beta pankreas sehingga bisa dijadikan sebagai pencegahan penyakit diabetes.

“Pemilihan Tanaman Kangkung sebagai bahan benih selain mudah dikelolah juga memiliki manfaat yang besar bagi yang mengkonsumsi  agar penanaman ini tidak hanya sekedar sebagai bahan makanan ataupun sebagai  tanaman hias. Melainkan warga desa juga bisa sehat serta bisa berkreasi untuk menghasilkan satu produk satu desa sehingga membantu perekonomian warga desa jenggolo secara mandiri”‘ jelas Muhammad Farrabi selaku Koordinator Desa

Sulasmi, salah satu warga desa jenggolo yang ikut langsung  dalam penanaman mengapresiasi kegiatan yang dilakukan kelompok KKN 79 UMM ini. “Dengan adanya pengadaan ini memberikan manfaat bagi warga karena bisa dimanfaatkan secara langsung ketika tanamannya tumbuh, kalau saya biasanya mencampurkan dengan mie”, ungkapnya yang di temui langsung setelah proses penanaman.

Dengan diadakannya kegiatan ini, masyarakat diharapkan mampu melangsungkan praktek penanaman secara organik  dan memanfaatkan tanamannya. Selain sebagai bahan makanan juga memanfaatkannya sebagai pengobatan pencegah diabetes. Bisa juga sebagai produk dengan bahan dasar kangkung untuk pengembangan perekonomian warga. (humas kkn 79/ta)

You might also like

Comments