Sukseskan Program Pemerintah, KKN 58 UMM Andil dalam Imunisasi Measles Rubella (MR)

36

MALANG KABUPATEN, Mediamahasiswa.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 58 Kuliah Kerja Nyata(KKN) bersama Bidan dan Pihak Dinas Kesehatan setempat melakukan Imunisasi Measles/ Campak & Rubella di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Desa Pandansari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi yang menular melalui saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi MR ini dapat beresiko tinggi tertular. Gejala penyakit ini adalah bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk, pilek dan mata merah mirip dengan gejala flu. Jika virus ini tertular pada ibu hamil maka dapat menyebabkan keguguran dan kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Imunisasi ini diberikan kepada siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 6. Divisi Kesehatan yang terdiri dari beberapa anggota yaitu yang terdaftar sebagai mahasiswa jurusan kedokteran, farmasi dan fisioterapi pun ikut andil dalam proses pemberian imunisasi. Sedangkan anggota yang lain membantu guru-guru untuk mengkondisikan adik-adik yang cukup takut ketika melihat jarum suntik.

Menurut catatan Kementrian Kesehatan RI tahun 2016, tercatat 8.185 kasus campak pada tahun 2015 jumlah ini lebih rendah dibandingkan kasus yang tercatat pada tahun 2014 yaitu sebesar 12.943 kasus. Di Jawa Timur sendiri terdata 2,76 %. Reno selaku perwakilan Puskesmas setempat berkata Imunisasi Measless Rubella ini adalah program baru dari pemerintah yang sebelumnya belum ada biasanya hanya campak untuk siswa kelas 1 sampai 3. “Harapan Kami dari Dinas Kesehatan setempat bisa tercapai menyeluruh hingga 100 % mulai dari kecil hingga umur 15 tahun sekitar kelas 3 SMP . Harapannya dengan bantuan teman-teman UMM program ini bisa sukses “.

Program ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2017 ( Untuk Pulau Jawa) dan Agustus-September 2018( Untuk luar pulau Jawa). Selanjutnya imunisasi MR ini akan masuk dalam jadwal imunisasi rutin pada anak usia tersebut menggantikan imunisasi Campak. Di Desa Pandansari sendiri sudah menerapkan di SD,TK dan Paud setempat. (humas kkn 58/ta)

You might also like

Comments