Peluang Usaha, Inovasi Es Krim Berbahan Dasar Singkong

45

MALANG KABUPATEN, Mediamahasiswa.com – Melimpahnya hasil pertanian dan peternakan sapi perah seperti singkong dan susu segar di desa Argosari, kabupaten Malang membuat mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 33 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat inovasi produk unggulan baru.
Pembuatan produk unggulan ini bertujuan untuk memberdayakan ibu PKK desa Argosari untuk membuat usaha baru dengan memanfaatkan singkong dan susu segar sebagai bahan utama membuat es krim.
Pelatihan pembuatan produk unggulan es krim singkong merupakan salah satu program kerja divisi ekonomi. Tak hanya demo masak cara membuat es krim singkong, KKN 33 juga mendatangkan perwakilan Dinas Koperasi Usaha Mikro kabupaten Malang, Mohammad Ardian sebagai pemateri. Ardian mengukapkan, koperasi bagi usaha mikro dapat membantu segala bentuk usaha warga.

“Pemerintah kabupaten Malang telah membantu perihal pembukaan koperasi di desa Argosari sehingga warga dapat dengan mudah menyalurkan usaha kecil mereka seperti susu, yoghurt maupun es krim,” ujarnya.
Usai pelatihan, panitia membagikan tester es krim singkong. Dwi Putri, sie acara kegiatan mengatakan pelatihan yang dilakukan KKN 33 merupakan bentuk nyata pengabdian masyarakat oleh mahasiswa. Antusias ibu PKK tampak dari perhatian saat demo berlangsung. Pertanyaan yang diajukan oleh ibu PKK juga menunjukan keseriusan ibu dalam melanjutkan kegiatan ini untuk berwirausaha. Terlebih, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Malang siap mengucurkan modal Rp 25.000.000,- untuk membuka koperasi di desa Argosari.
“Semoga saja dengan adanya demo memasak dan pembuatan es krim dari singkong ini warga desa Argosari tertarik untuk memproduksi es krim berbahan dasar singkong dengan kreasi mereka sendiri serta dapat meningkatkan perekonomian warga,” harap mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi ini. (HumasKKN3*/ic)

You might also like

Comments