Tuntaskan Masalah Pendidikan di Desa Pandansari Lor

21

MALANG KABUPATEN, Mediamahasiswa.com – Mantan Menteri Pendidikan Anies Baswedan menyatakan “Mendidik adalah tanggung jawab dari setiap orang terdidik”. Kalimat ini menginspirasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 31. Realisasinya, kelompok KKN 31 UMM menggelar beberapa rangkaian kegiatan dan puncaknya, Selasa (15/8), kelompok beranggotakan 30 mahasiswa ini mengadakan sosialisasi pendidikan bertema “Pengaruh Pergaulan Positif untuk Meningkatkan Tingkat Kedisiplinan Anak dan Pentingnya Melanjutkan Pendidikan Sekolah” di SDN Pandansari Lor 1 dusun Bayang, desa Pandansari Lor, kecamatan Jabung, kabupaten Malang.

Anton Sujarwanto, Koordinator Divisi Pendidikan dan Keagamaan KKN 31 mengatakan, latar belakang diselenggarakannya sosialisasi ini karena tingkat kedisiplinan anak usia SD dan SMP di dusun tersebut sangat kurang.

“Program ini berasal dari keprihatinan kami melihat banyak ketidakdisiplinan anak usia SD dan SMP di lingkungan Dusun Bayang seperti berkata kasar dan merokok. Setelah kami telusuri, kami menemukan bahwa banyak siswa SD yang setelah lulus tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan kami rasa kedua hal tersebut saling berhubungan,” Jelas Anton.

Agar tujuan yang ingin dicapai lebih efektif, Anton bersama rekan-rekannya tak hanya mengadakan sosialisasi pendidikan, namun sebelumnya mereka mengadakan program Bimbingan Belajar (Bimbel) mata pelajaran dan Bimbingan Baca Tulis Qur’an (BTQ) bagi siswa SD di lingkungan dusun.

“Bimbel dan BTQ merupakan program kami di luar sekolah untuk mengontrol sampai sejauh mana pemahaman siswa-siswi dalam mata pelajaran di sekolah dan keagamaan mereka. Sekaligus menjadi media riset kami untuk menentukan materi apa yang cocok  disajikan pada sosialisasi pendidikan sebagai program puncak divisi Pendidikan,” ungkap mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 2014 itu.

Rangkaian kegiatan ini disambut baik oleh orang tua di desa Pandansari Lor. Salah satu orang tua, Susi menyatakan, kegiatan ini sangat positif bagi anak. Selain memberikan motivasi, kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat membantu anak belajar di luar sekolah. “Saya sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak saya, karena anak saya adalah salah satu penerus bangsa,” jelas ibu dua anak ini. Untuk sosialisasi pendidikan, dihadiri oleh 80 orang wali murid dan siswa-siswi kelas 5 dan 6 SDN Pandansari Lor 1. (HumasKKN31*/ic)

You might also like

Comments