KKN 102 Membantu Perekonomian Warga dengan Membatik

55

MALANG KABUPATEN, Mediamahasiswa.com – Bekerja sama dengan Komunitas Membatik yang ada di Kabupaten Malang dan pejabat-pejabat desa, divisi ekonomi dari KKN 102 Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan penyuluhan batik di Sumbermanjing Kulon pada Selasa (15/08) sore. Acara ini melibatkan ibu PKK dari desa Sumbermanjing Kulon Kecamatan Pagak juga siswi-siswi dari SMPM 5 Pagak. Komunitas dari membantik sendiri sudah teruji ketelatenannya karena mereka sudah pernah menjadi juara dalam ajang membatik skala nasional.

Desa Sumbermanjing Kulon sendiri belum ada kegiatan membantik sebelumnya. Dalam sambutannya, Kepala Desa, Kariyuti berharap semoga kegiatan membantik ini nantinya akan tetap berlangsung. “Harapannya Sumbermanjing Kulon bisa menjadi central dari batik itu sendiri.”

Membatik adalah suatu kegiatan seni yang dilakukan dengan cara menulis dengan menggunakan canting umumnya. Hal yang sangat dibutuhkan dalam membatik adalah kesabaran dan ketaletanan. Karena jika tidak membutuhkan dua skill tersebut, kegiatan membatik tidak akan pernah berhasil.  Batik sendiri sangat dikenal dengan identitas dari budaya  negara kita Indonesia.

Penyuluhan batik ini diawali dengan penyampaian materi tentang batik yang secara keseluruhannya, di mulai dari definisi membatik, macam-macam batik, alat-alat batik, manfaat batik, dan sampai cara membuat batik dengan alat-alatnya. Materi ini di sampaikan oleh salah satu anggota dari divisi ekonomi yang sudah mengerti akan membatik yaitu Thian Kiki kepada peserta. Dengan antusiasnya peserta mendengarkan materi yang disampaikan karena setelah itu mereka akan langsung mempraktikan kegiatan membatik.

Kegiatan membatik ini dipandu sendiri oleh Nuriyanti, dengan Juwita. M selaku anggota Divisi Ekonomi di balai desa Sumbermanjing Kulon. Seluruh peserta semua ikut terlibat dalam kegiatan memabntik ini. Mulai dengan mempersiapkan segala alat dan bahan membantik, kemudian mereka langsung melakukan kegiatan membantik. Telihat mereka sangat telaten dalam melakukannya. Alhasil kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai yang di inginkan. Kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan batik dan cara membantik untuk masyarakat Sumbermanjing Kulon sehingga nanti mereka aka bisa mempraktikannya sendiri. (press release humas kkn 102/ta)

You might also like

Comments