Tentang Kami

Media Mahasiswa (selanjutnya disebut MM) terbentuk pada tanggal 2 Oktober 2012 melalui sebuah rangkaian diskusi panjang oleh pendirinya yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) angkatan 2012. Para pendirinya yakni Muhammad Zulfikar Akbar, Fany Puspita Rahayu, Maharina Novia Zahro, dan Rival Nurriski Utomo. MM merupakan pers mahasiswa independen pertama yang tidak berafiliasi dengan kampus. Dengan kata lain, MM bukan sebuah Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) milik jurusan ataupun fakultas, dan bukan pula sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada dibawah naungan universitas.

Sebagai sebuah pers mahasiswa, MM mempunyai visi menjadi pers mahasiswa independen berjaringan pertama di Indonesia yang independen, kritis, kreatif, dan menambah wawasan. Misi pers mahasiswa ini yakni memaparkan semua sisi berita dan informasi secara netral juga berimbang, memberikan sajian informasi yang kreatif, edukatif, dan menginspirasi, serta membuka ruang kreativitas mahasiswa.

MM lahir dari sebuah permasalahan yang mengenai media massa saat ini. Ketika media massa di Indonesia sudah tidak bisa lagi menyajikan berita secara berimbang, memberikan informasi yang tidak mendidik, dan menyuguhkan hiburan yang “diluar batas”, MM ada untuk menjadi media alternatif dari media massa yang sudah terkontaminasi hal-hal tersebut. Pengelola MM yang merupakan mahasiswa diharapkan dapat menjaga ideologi dari pers mahasiswa ini sendiri tanpa terpengaruh oleh kepentingan politik, kapitalis, maupun kepentingan-kepentingan lainnya.

Menyikapi budaya digital yang semakin marak di Indonesia, maka MM pun menyesuaikan diri dengan meluncurkan portal beritanya yaitu MediaMahasiswa.com yang dirilis pada 24 November 2012. Portal berita ini selain menjadi pusat berita dan informasi seputar mahasiswa, peristiwa-peristiwa lain yang berhubungan dengan masyarakat sekitar ataupun kepentingan umum juga disampaikan secara tepat dan berimbang. Pemberitaan dari MM pun dapat diakses secara Mobile maupun melalui aplikasi berbasis Android. Produk-produk hasil MM kemudian juga dipublikasikan secara digital seperti Newsletter Digital (E-Paper), dan toko buku Online Media Mahasiswa Publishing.

Saat ini, MM tidak hanya ada di UMM namun ada di beberapa kampus di Indonesia. Kontributor-kontributor MM berasal dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Negeri Jember (Unej), Universitas IBA Palembang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda. Kedepan, MM akan terus berkembang dengan kontributor dan biro-biro kampus yang ada di seluruh Indonesia untuk mewujudkan visi sebagai pers mahasiswa independen berjaringan pertama di Indonesia.

Meski berdiri secara independen, MM menggaet beberapa instansi dan komunitas untuk bekerjasama dalam bidang pemberitaan, sumber daya manusia, maupun misi-misi sosial, yakni dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang, Voice of America (VOA) dan Broadcasting Board of Governors (BBG) Amerika Serikat, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi UMM, Humas UMM, serta Rumah Inspirasi Malang.